Minggu, 04 Desember 2011

WANITA DENGAN KEPRIBADIAN GANDA

Mungkin anda belum pernah mengenal apalagi memahami apa yang dinamakan kepribadian ganda , Dissociative Identity Disorder (DID), beberapa tahun yang lalu penulis punya sahabat yang mendekati gejala tersebut lengkap dengan ciri-cirinya. Kadang dia bisa bahagia sekali tapi kadang dia lupa akan kebahagiaan tadi, kemarin dia katakan sayang pada pacarnya tapi hari ini dia katakana benci padanya, kemarin dia menangis tersedut-sedut tapi katanya gak pernah menangis. DID atau kepribadian ganda dapat didefinisikan sebagai kelainan mental dimana seseorang yang mengidapnya akan menunjukkan adanya dua atau lebih kepribadian (alter) yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda.

Untuk memahami bagaimana banyak identitas bisa terbentuk di dalam diri seseorang, maka terlebih dahulu kita harus memahami arti dari Dissociative (disosiasi). Dan cirri-ciri lainnya.

1. Disosiasi
Pernahkah kalian mendapatkan pengalaman seperti ini: Ketika sedang bertanya mengenai sesuatu hal kepada sahabat kalian, kalian malah mendapatkan jawaban yang tidak berhubungan sama sekali.
Jika pernah, maka saya yakin, ketika mendapatkan jawaban itu, kalian akan berkata "Nggak nyambung!".
Disosiasi secara sederhana dapat diartikan sebagai terputusnya hubungan antara pikiran, perasaan, tindakan dan rasa seseorang dengan kesadaran atau situasi yang sedang berlangsung.

2. Proses terbentuknya kepribadian ganda
Ketika kita dewasa, kita memiliki karakter dan kepribadian yang cukup kuat dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan. Namun, pada anak yang masih berusia di bawah tujuh tahun, kekuatan itu belum muncul sehingga mereka akan mencari cara lain untuk bertahan terhadap sebuah pengalaman traumatis, yaitu dengan Disosiasi.
Apakah dia anak perempuan diantara saudara yang semuanya pria, mungkin saja cara bermain dan berpakaian dan tingkah laku nya semua nya seperti pria serta teman bermain semuanya pria, atau mengalami kekecewaan yang besar terhadap lingkungannya. Sebuah penghalang memori kemudian dibangun antara anak perempuan itu dengan identitas baru yang telah diciptakan. Sekarang, sebuah kesadaran baru telah terbentuk.

3. Ciri-ciri pengidap kepribadian ganda
Ketika membaca paragraf-paragraf di atas, mungkin kalian segera teringat dengan salah seorang teman sekolah kalian yang suka mengubah-ubah penampilannya. Bagi kalian, sepertinya ia memiliki identitas yang berbeda. Misalnya seorang perumpuan sukanya bermain dengan laki-laki
98 persen mereka yang mengidap DID mengalami amnesia ketika sebuah identitas muncul (switching). Ketika kepribadian utama berhasil mengambil alih kembali, ia tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi ketika identitas sebelumnya berkuasa. Walaupun sebagian besar psikolog telah mengakui adanya kelainan kepribadian ganda ini, namun sebagian lainnya menolak mengakui keberadaannya. Beruntunglah kalau masih wanita sejati dalam arti bukan AC –DC , dengan suaminya oke tapI dengan sesama juga oke. Repot kan…?

4. Cara Penyembuhan
Berikan kasih sayang dan perhatian padanya, jangan memaksakan kehendak untuk sembuh, melalui proses yang cukup lama penderita bisa sembuh total… sebagai orang tua dan sahabat katakan bahwa kita selalu ada untuknya agar mereka merasa sangat diperhatikan.. akhirnya dia bisa menemukan kembali kepribadian yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar