Minggu, 04 Desember 2011

SAKIT MAG SEMBUHKAN DENGAN BERPUASA

Apa jadinya bila perut (lambung) terus menerus tanpa istirahat bekerja keras mencerna makanan yang setiap hari kita makan, pada bulan Ramadhan ini berikan waktu sebulan perut kita untuk istirahat mencerna, perut akan begitu ringan bekerjanya dan makanan yang dicerna relative sehat dan terukur sehingga menjadi sehat bahkan bisa meyembuhkan sakit mag..

Ramadan merupakan ajang pengendalian diri terhadap segala nafsu yang dapat menjerumuskan kita ke keadaan tidak terpuji. Salah satu dari nafsu tersebut adalah makan berlebihan dan tak terkendali. Obesitas dan berbagai penyakit degeneratif adalah dampak utama dari lemahnya sistem pengendalian diri terhadap godaan makan.

Surat Al A'raf ayat 31 yang berbunyi, "Makan dan minumlah, tapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan."

1. Sakit Maag
Bagi penderita sakit maag, sebelum berpuasa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Sebagaimana diketahui, sakit maag memiliki tahapan-tahapan. Apabila tahapannya sudah kronis dan gawat, berpuasa mungkin tidak dianjurkan. Tapi ada juga justru berpuasa sakit mag bisa sembuh.(bagi penderita yang belum kronis).

2. Justru Menyehatkan
Tidak ada keraguan bahwa puasa itu menyehatkan bagi tubuh kita. Sebagaimana dinyatakan dalam surat Al-Baqarah 184, "Berpuasa lebih baik bagimu." yang berarti puasalah niscaya kamu sehat.


Meskipun lambung kosong sekitar belasan jam, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tubuh akan tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Energi tersebut berasal dari cadangan energi berupa lemak dan glikogen yang tersimpan di bawah kulit.

3. Sahurlah dengan makanan yang cukup bergizi dan hindari pedas dan asam..
Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan selama berpuasa, sebaiknya saat sahur, orang yang berpuasa mengonsumsi makanan sebanyak 30-40 kkal/kilogram berat badan. Jika Anda memiliki berat badan 60 kg, artinya paling tidak Anda mengonsumsi 1.800 – 2.400 kkal. Dan jangan makan terlalu pedas dan asam.

4. Tidur 2 Jam Setelah Sahur
Tidur setelah dua jam sahur. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari naiknya asam lambung ke kerongkongan. Saat itu lambung masih berisi makanan. Makanan bisa lancar turun ke saluran pencernaan apabila tubuh berada dalam posisi tegak.

Menu pembuka dapat berupa sirop manis, teh manis, aneka kolak, kurma, serta berbagai makanan jajanan. Makanan dan minuman manis sangat mudah dicerna. Dua jam saja prosesnya sudah selesai. Selain itu juga membuat segar.

PUASA TETAP SEHAT DAN BUGAR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar