Sabtu, 26 November 2011

MENGHARGAI DAN MEMPERHATIKAN PASANGAN ADALAH SESUATU YANG PENTING

Hal yang Penting Tapi Sering Terlupakan

Pelukan hangat setiap hari bisa membantu mengeratkan pasangan.
Membahagiakan ketika seseorang menghargai kita secara tulus. Tak hanya dalam bentuk pujian atas keberhasilan, tetapi atas hal-hal keseharian, apresiasi yang diberikan seseorang secara tulus akan sangat membahagiakan, apalagi jika hal tersebut diberikan oleh orang yang kita kasihi dan hormati, seperti orangtua, keluarga, teman, atasan, juga kekasih. Tak hanya membahagiakan, hal yang satu ini juga terbukti bisa mengeratkan sebuah hubungan. Karena pada dasarnya, kita butuh didengar, diperhatikan, dan dihargai.


Mulailah kebiasaan mengapresiasi pasangan untuk hal-hal yang ia lakukan. Lakukan dengan tulus dan lihat pertumbuhan rasa saling sayang itu makin erat dan bertumbuh. Bagaimana cara memulainya, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

1. Lihat dan perhatikan apa saja yang pasangan Anda lakukan di sekitar rumah
2. Katakan padanya bahwa Anda mengapresiasi hal-hal yang ia lakukan. Contoh, "Terima kasih ya, sayang, karena enggak pernah lupa memerhatikan dan memastikan kita punya tabungan cukup."
3. Katakan alasan mengapa Anda mengapresiasi apa yang ia lakukan. Misal, "Aku bersyukur kamu mau memasak di rumah, karena aku merasa kurang kreatif untuk memasak makanan-makanan enak."
4. Berterima kasih karena ia selalu mau melakukan tugas itu. "Terima kasih ya kamu bersedia membersihkan bak penampungan air itu. Itu enggak mudah."
5. Jangan mengharap ucap terima kasih kembali darinya
Akan lebih baik untuk hubungan itu ketika apresiasi-apresiasi ini datang secara tulus dan spesifik. Saat pasangan Anda merasa tertekan untuk mengucapkan sesuatu kembali kepada Anda, mereka akan sulit menyerap apresiasi dari Anda itu. Biarkan mereka menikmati apresiasi dari Anda itu. Anda akan menerima apresiasi itu di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar