Sabtu, 26 November 2011

HASRAT BERCINTA HILANG, ANDA PERLU WASPADA

Pasangan menikah yang jarang bercinta perlu waspada. Apalagi jika bercinta tak lagi dianggap menarik, bahkan Anda atau pasangan tak lagi berhasrat melakukan hubungan seks. Bisa jadi, tak adanya hasrat bercinta ini menandakan adanya gangguan fungsi seksual. Sumber masalahnya bisa beragam, mulai fisik hingga psikisa atau masalah lainnya.

Dokter Ahli Andrologi dan Seksologi, Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS menjelaskan menurunnya gairah seks merupakan petanda gangguan fungsi seksual. Penyebabnya beragam, mulai faktor fisik seperti gangguan hormon atau penyakit. Gangguan fungsi seksual juga dipengaruhi faktor pola hidup dan diet tak sehat. Menurutnya, faktor fisik menjadi sumber utama terjadinya gangguan fungsi seksual. Sementara faktor psikis lebih kecil porsinya.

1. Kekurangan nutrisi
Asupan nutrisi punya andil besar terhadap hilangnya gairah seks. Berkurangnya gairah seks bisa disebabkan karena terjadinya penurunan hormon testosteron. Salah satu sebab menurunnya hormon ini adalah karena kekurangan nutrisi. Pola makan dengan gizi tidak seimbang menjadi sumber masalah berbagai masalah fisik, termasuk gangguan hormon.

2. Penyakit
Meski begitu, Prof Wimpie menjelaskan, saat seseorang tak bergairah melakukan hubungan seks tak lantas ia dikatakan bermasalah dengan nutrisi. Selain faktor nutrisi, hilangnya gairah seks perlu diperiksa dari sejumlah faktor lainnya. Dengan kata lain, menurunnya hormon testosteron yang berdampak pada penurunan gairah seks, juga bisa disebabkan karena penyakit fisik. Misalnya stroke, gula, darah rendah. asma, paru-paru, dan gangguan pada alat kelamin.

3. Trauma
Sementara pengaruh faktor psikis terhadap penurunan gairah seks porsinya tak besar, namun bukan berarti tak ada. Pada pasangan yang enggan berhubungan seks, dugaan yang bisa muncul di antaranya karena ia mengalami trauma dalam hubungan seks atau trauma berkaitan dengan seks. "Bisa jadi ia pernah disakiti, sakit bila bercinta, atau pengalaman tak menyenangkan dengan pria di masa lalunya, baik yang berkaitan dengan seks atau perasaan,"

4. Adanya pria/wanita lain
SeCANTIK dan seTAMPAN apapun anda bila ada pria atau wanita lain dalam hidupnya maka terasa kurang bergairah bahkan gairah hilang sama sekali karena menganggap nya yang di luar sana lebih oke, walau kenyataannya yang di luar hanya biasa-biasa saja bahkan jauh di bawah pasangan anda. tapi itulah yang terjadi, makanya anda jangan terlalu pede semua perlu waspada.

Penyebab lain dari tak adanya gairah seks pada pasangan menikah, bisa jadi juga disebabkan karena pernikahan dijalankan karena terpaksa, atau bahkan pernikahan yang terjadi demi uang. Tak adanya gairah seks dalam hubungan pasangan menikah juga bisa saja terjadi karena pernikahan berlandaskan cinta semata tanpa seks, termasuk cinta karena rasa kasihan. Sumber masalah psikis seperti ini perlu didiskusikan lebih mendalam bersama pasangan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar